Jumat, 22 April 2022

Highlights dari MWC Barcelona 2022

Blog Image

Oleh: Desmond Cheung, Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison

Pada bulan Maret lalu, saya mendapatkan kehormatan untuk menghadiri Mobile World Congress (MWC) di Barcelona. Setelah hiatus akibat pandemi Covid-19, rasanya sangat menyegarkan bisa kembali hadir, menghadiri konferensi, pameran teknologi, dan berdialog dengan pemimpin-pemimpin global di salah satu pameran tahunan terbesar dunia dalam industri telekomunikasi. Saya merasa terhormat untuk mewakili Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), bersama CEO kami, Pak Vikram Sinha.

Blog Image

Mengangkat tema “Connectivity Unleashed”, acara ini membahas berbagai terobosan teknologi seperti inovasi dalam teknologi RAN, solusi situs dan pusat data yang lebih ramah lingkungan, jaringan cerdas/otonom, dan pengalaman pengguna yang imersif (XR) dengan pengembangan 5G.

  • Inovasi dalam teknologi RAN ditampilkan dengan arsitektur baru dalam desain peralatan radio untuk menghasilkan kapasitas dan kapabilitas yang lebih tinggi. Namun, desain ini lebih ramping dan lebih ringan dari yang sekarang.
  • Evolusi menuju Cloud Native tidak hanya untuk Core tetapi juga RAN.
  • Solusi lokasi yang lebih ramah lingkungan dan DC (pusat data) yang berfokus pada pemanfaatan energi hijau untuk membantu mengurangi jejak karbon (CO2) secara keseluruhan.
  • Jaringan cerdas/otonom sekarang didukung dengan AI untuk mengotomatisasi, meningkatkan produktivitas, dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.
  • Pengalaman pengguna yang imersif (XR) dengan 5G adalah pameran perkembangan layanan yang lebih beragam untuk konsumen dan industri vertikal.
  • Salah satu kegiatan paling penting yang saya ikuti adalah meja bundar CTO yang diselenggarakan oleh salah satu mitra teknologi kami. Diikuti oleh sekitar 40 CTO dari operator seluler global dan GSM, diskusi seputar peluncuran komersial 5G dan lanjutan 5G menarik perhatian peserta kongres. CTO yang menghadiri meja bundar ini berbagi pengalaman dan pelajaran yang telah mereka pelajari dari pasar mengenai topik ini. Pertukaran ide dan pengetahuan benar-benar membuka mata.

    Saya juga melakukan diskusi mendalam dengan para pemimpin puncak mitra teknologi kami, yang telah mendukung kami dalam memberikan layanan berkualitas kepada pelanggan kami. Menguraikan visi dan strategi kami setelah menjadi IOH, saya yakin bahwa mitra kami benar-benar memahami dan akan sepenuhnya mendukung perjalanan transformatif kami ke depan. Dengan skala pelanggan, keuangan, dan infrastruktur jaringan, didukung oleh organisasi yang kuat dan kepemimpinannya, saya yakin mitra kami menanggapi IOH dengan sangat serius. Bersama-sama, saya percaya bahwa kita akan membawa dampak yang lebih besar ke Indonesia dengan menghadirkan pengalaman digital kelas dunia.

    Seperti biasa, MWC 2022 penuh dengan pemimpin pemikiran yang menginspirasi, produk baru yang unik, bersama dengan inovasi mutakhir dalam ruang konektivitas. Beberapa pandangan teknologi yang saya amati sepanjang acara yang menurut saya layak untuk dibagikan kepada Anda:

  • 5G akan terus tumbuh dan akan mendorong pertumbuhan baru layanan operator seluler
  • Konektivitas menjadi lebih umum dengan inovasi berkelanjutan dalam teknologi seluler/nirkabel
  • Cloud akan mendominasi. Semuanya akan didasarkan pada cloud
  • Aplikasi dan layanan yang lebih beragam akan dikembangkan, berjalan di cloud
  • Dengan AI, teknologi akan membuat hidup kita lebih mudah dan sederhana, meningkatkan kualitas hidup kita.
  • Dalam pandangan saya, takeaway terbesar dari MWC Barcelona adalah bahwa Cloud Technology akan menjadi pengubah permainan utama di era Industri 4.0. Cloud memungkinkan setiap orang mengakses layanan yang sebelumnya hanya dapat diakses oleh pemain besar. Big Data, Artificial Intelligence/Machine Learning, Platform Aplikasi, dapat diakses dari mana saja. Dengan sifat berdasarkan permintaan dan penyatuan sumber daya Cloud, ini tersedia untuk Anda lebih cepat, dengan sebagian kecil dari biaya solusi non-Cloud.

    Tahun lalu, kami membuat kesepakatan kemitraan dengan Google Cloud, yang saya yakini akan sangat memungkinkan IOH untuk memfasilitasi Industri 4.0 di Indonesia melalui Cloud. Gratis dengan pengembangan IOH 5G, kemitraan ini akan memungkinkan IOH untuk menawarkan solusi digital baru untuk usaha kecil menengah, memungkinkan mereka untuk memasuki pasar dan peluang baru yang sebelumnya tidak mungkin.

    Merupakan kehormatan besar bagi saya diundang untuk bergabung dengan Dewan Penasihat Pelanggan Penyedia Layanan Komunikasi (CSP) Google Cloud baru-baru ini. Dengan kemitraan Google, saya berharap dapat menyumbangkan wawasan dan persyaratan kami terhadap kebijakan dan produk Google Cloud untuk kepentingan IOH dan Indonesia.

    Perjalanan kami sebagai IOH telah dimulai dengan dukungan kuat dari vendor dan komunitas teknologi. Sekarang itu ada pada kita saat misi kita berlanjut. Pada akhirnya, kami berkomitmen penuh dan akan terus berusaha untuk selalu terhubung dan memberdayakan setiap orang Indonesia.


    Desmond Cheung

    Punya pertanyaan terkait perusahaan kami?
    Ajukan via email

    corporate.communications@ioh.co.id

    Hanya untuk pertanyaan media