Selasa, 24 Mei 2022

Integrasi - Kegembiraan di Setiap Langkah yang Kita Ambil

Blog Image

Oleh: Sanjay Vaghasia, Chief Integration Officer Indosat Ooredoo Hutchison

Ketika perubahan adalah satu-satunya hal yang terjadi terus-menerus, apa yang kita lakukan? Mengambilnya langsung atau menghindar darinya?

Bermula pada 4 Januari 2022, saat kami mengumumkan penggabungan antara PT Indosat Tbk dan PT Hutchison 3 Indonesia, telah lahir entitas baru bernama Indosat Ooredoo Hutchison (IOH). Sejak saat itu, kami sudah memulai perjalanan transformasional ini, di mana setiap harinya kami dihadapkan dengan tantangan untuk mengubah cara kami beroperasi. Hal ini menciptakan ketidakpastian bagi sebagian orang dan mendorong sebagian orang lainnya untuk keluar dari zona nyamannya.

Hari ini kami berusia 140 hari dan telah menjalani awal yang baik sejauh ini, dengan berhasil meletakkan fondasi yang kuat untuk perjalanan integrasi kami. IOH melaporkan hasil kinerja kuartal-1 tahun 2022 yang solid, dan ini hanya mungkin dilakukan saat kami semua bersatu untuk mewujudkannya. Integrasi organisasi kami sebagai satu unit sedang berlangsung dan 33% dari keseluruhan inisiatif integrasi kami telah dikunci, disegel, dan diselesaikan.

Seluruh rencana integrasi mencakup 9 kuartal, sederhananya, bayangkan hal tersebut sebagai perjalanan mobil. Agenda integrasi 9 kuartal ini mirip dengan perjalanan 9 jam dengan mobil. Satu hingga tiga jam pertama biasanya masih penuh dengan keseruan dan tingkat energinya masih tinggi, beberapa jam pertama biasanya dipenuhi dengan lagu-lagu favorit, mengambil foto pemandangan dari jendela mobil, dan banyak obrolan-obrolan menarik. Namun jam keempat adalah ketika para penumpang mobil mulai kelelahan, beberapa mungkin sudah tertidur di kursi belakang, kurang bersemangat dan pengemudi perlu minum kopi di rest area terdekat.

Begitu pula dengan perjalanan integrasi IOH. Dengan pencapaian beberapa bulan ke belakang ini, kami tidak boleh menganggap enteng atau berpuas diri. Saat 100 hari pertama telah memberi perusahaan momentum yang baik, kami tidak boleh melakukan kesalahan karena perjalanan akan semakin berat dari sini dan seterusnya. Kami harus selalu berada di depan untuk memastikan tidak terpeleset dan tertinggal.

Kunci untuk membuka potensi menyeluruh dari proses integrasi adalah bukan hanya memberikan tugas Hercules sebagai suatu keharusan, tetapi untuk terus merayakan setiap pencapaian bersama-sama. Rayakan setiap kemenangan kecil! Ini bukan tentang melintasi garis akhir, tetapi tentang perjalanannya itu sendiri.

Pelanggan adalah inti dari semua yang kami lakukan. Untuk itu, penting untuk dipahami bahwa kita memiliki 2 jenis pelanggan, karyawan dan konsumen. Buat karyawan senang, dan konsumen akan diurus dengan baik. Sangat menghangatkan hati dan sangat meyakinkan melihat para Hiro (karyawan IOH) kami sepenuhnya selaras dan terus mendukung perjalanan ini. Saya ingin berterima kasih secara khusus untuk semua Hiro kami atas dukungan berkelanjutan dan upaya luar biasa dalam membawa IOH sejauh ini.

Tidak diragukan lagi, upaya gabungan kami dan pemanfaatan teknologi akan membantu mempercepat transformasi digital Indonesia. Untuk membuat perjalanan transformasi lancar, kami akan bekerja dalam koordinasi yang erat dengan semua pihak untuk menyampaikan apa yang dibutuhkan dalam mencapai visi & misi IOH.

Seperti yang pernah dikatakan George Bernard Shaw, “Kemajuan tidak mungkin terjadi tanpa perubahan; dan mereka yang tidak dapat mengubah pikiran mereka tidak dapat mengubah apa pun.”


Sanjay Vaghasia

Punya pertanyaan terkait perusahaan kami?
Ajukan via email

corporate.communications@ioh.co.id

Hanya untuk pertanyaan media