Kamis, 14 April 2022

Tingkatkan Minat Olahraga Bola Basket Indonesia lewat Esport, Indosat Ooredoo Hutchison dan IBL Gelar Kompetisi IVBL 2022

Sambut KTT G20 2022 di Bali

Jakarta, 14 April 2022 – Indosat Ooredoo Hutchison dengan visinya menjadi perusahaan telekomunikasi digital paling dipilih di Indonesia, mengumumkan keterlibatannya sebagai pendukung utama Indonesian Virtual Basketball League (IVBL) 2022. Partisipasi ini menandai lompatan perusahaan ke dunia esports dengan bergabung bergandengan tangan dengan Indonesian Basketball League (IBL), kompetisi bola basket profesional tertinggi di tanah air, untuk memberikan wadah bagi para penggemar bola basket yang gemar bermain di turnamen esports.

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2020, IVBL tahun ini melibatkan beberapa selebriti ternama, termasuk Younglex, dan atlet bola basket profesional, termasuk Daniel Wenas, untuk mengikuti kompetisi virtual tersebut. Liga ini menampilkan 16 tim yang akan bertanding dalam pertandingan NBA 2K22 online menggunakan mode 5v5 Pro Am yang memperebutkan total hadiah Rp25 juta. Pertandingan online diadakan sejak tanggal 9 hingga 23 April 2022, dan disiarkan langsung di akun YouTube IBL.

SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang, mengatakan, “Esports telah berkembang pesat di Indonesia dan berkembang menjadi budaya mainstream. Kami melihat partisipasi kami dalam IVBL memberikan peluang untuk memasuki kancah esports yang sedang booming di negara ini dan membuat dampak yang luar biasa. Dua produk unggulan kami, IM3 dan Tri, telah menjadi top of mind di kalangan anak muda dan komunitas gaming. Partisipasi kami ini sejalan dengan komitmen kami untuk menghubungkan dan memberdayakan setiap orang Indonesia, yang pada kesempatan ini adalah generasi muda bangsa yang tertarik dengan esports dan yang ingin menjadi pemain esports profesional.”

Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, mengatakan, “IBL 2022 akan segera memasuki musim playoff. IVBL diadakan untuk memberikan pengalaman kepada pecinta bola basket Indonesia untuk mengikuti kompetisi virtual. Bersama Indosat Ooredoo Hutchison, kami ingin menghadirkan inovasi digital yang juga sesuai dengan misi IOH untuk memberdayakan masyarakat Indonesia, termasuk generasi muda bangsa. Kami berharap IVBL 2022 mampu mewadahi kreatifitas anak muda sekaligus meningkatkan minat mereka terhadap sport gaming dan e-sports."

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh Vero dan Decision Lab, esports telah berkembang menjadi platform yang berpengaruh di mana orang-orang membuat identitas, membangun kehadiran online, dan terhubung dengan dunia luar. Studi tersebut menyoroti bahwa lebih dari 52 juta orang Indonesia kini memainkan game esports, mulai dari pemain mobile hingga pelatihan pro gamer untuk kompetisi internasional. Berdasarkan laporan tersebut, 76% dari 470 responden dari gamer, watcher, dan streamer setuju bahwa mereka bermain game atau menonton streaming untuk tujuan hiburan. Sementara itu, sekitar 82% gamer mengatakan mereka menikmati bermain sendiri dan terhubung dengan orang lain secara online.

Dukungan Indosat Ooredoo Hutchison dalam IVBL juga merupakan kelanjutan dari partisipasinya sebagai salah satu sponsor utama Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2022 yang diadakan Januari lalu. Pada awal April tahun ini, perusahaan meluncurkan Program Pelatihan Bakat Bola Basket di sekolah-sekolah terpilih di lima kota kantor regionalnya, yang merupakan kelanjutan komitmen perusahaan untuk mendukung pemberdayaan anak muda dan atlet terbaik Indonesia di seluruh negeri.

“Kami sangat senang dapat bermitra dengan IBL untuk memperkenalkan IVBL sebagai turnamen esports yang menarik dan menghibur. IVBL dapat menjadi wadah untuk menyatukan para pecinta bola basket yang memiliki minat yang sama untuk mengembangkan esports basket di Indonesia,” tutup Steve.

Punya pertanyaan terkait perusahaan kami?
Ajukan via email

corporate.communications@ioh.co.id

Hanya untuk pertanyaan media