Sabtu, 22 Januari 2022

Wujudkan Semangat Bersatu untuk Indonesia, Indosat Ooredoo Hutchison Salurkan Bantuan Melalui Mobil Klinik untuk Dukung Pemulihan Pasca Gempa Bumi di Banten

Blod Image

Jakarta, 22 Januari 2022 – Bencana gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten pada Jumat, 14 Januari 2022 lalu, telah menimbulkan korban dan kerugian material bagi warga setempat. Tidak hanya rumah warga, sejumlah fasilitas umum seperti sekolah dan puskesmas juga mengalami kerusakan akibat gempa bumi berkekuatan 6,7 SR. Gempa juga dirasakan kuat di beberapa wilayah sekitarnya, termasuk Provinsi DKI Jakarta, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, hingga Provinsi Lampung.

Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten per Minggu, 16 Januari 2022, terdapat 2.499 rumah yang mengalami kerusakan, dengan 1.587 di antaranya mengalami rusak ringan, 488 rusak sedang, dan 374 rusak berat. Gempa bumi ini juga menyebabkan 44 unit sekolah, 14 puskesmas, sembilan sarana ibadah, empat kantor pemerintahan dan tiga tempat usaha mengalami kerusakan. 1 Sementara untuk korban yang terdampak, tercatat dua orang luka ringan, 117 orang terdampak, dan diperkirakan 200 orang harus mengungsi (masih dalam pendataan).2

Merespon kondisi tersebut, Indosat Ooredoo Hutchison segera berkoordinasi dengan BPBD dan aparat pemerintah setempat untuk mengoperasikan Mobil Klinik guna menyalurkan bantuan kepada masyarakat setempat. Respon tersebut merupakan wujud komitmen Indosat Ooredoo Hutchison untuk selalu hadir membantu masyarakat Indonesia yang tertimpa bencana sesegera mungkin setelah ditetapkannya status tanggap darurat.

Steve Saerang, SVP – Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan, “Mewakili manajemen dan karyawan Indosat Ooredoo Hutchison, kami menyampaikan keprihatinan yang mendalam kepada masyarakat yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Doa dan dukungan tulus kami sampaikan kepada masyarakat setempat, beserta bantuan langsung melalui Mobil Klinik untuk menyalurkan paket kebutuhan logistik, memberikan pelayanan kesehatan, dan membagikan bantuan komunikasi gratis dalam upaya mendukung masyarakat dan juga pemerintah setempat untuk pemulihan pasca bencana.”

Mobil Klinik Indosat Ooredoo Hutchison menyalurkan makanan siap santap, bahan pokok, layanan pemeriksaan kesehatan, serta bantuan komunikasi gratis kepada masyarakat berupa kartu perdana IM3 Ooredoo dan 3. Kegiatan penyaluran makanan siap santap dan bahan pokok dilaksanakan pada 18 Januari 2022 di Desa Cibitung, Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Sedangkan kegiatan layanan kesehatan gratis dan pemberian Kartu IM3 Ooredoo dan 3 dilaksanakan pada 19 Januari 2022 di Desa Cikadongdong, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Sejak tahun 2007, program Mobil Klinik telah memberikan manfaat kepada 934.446 orang, termasuk 73.433 orang yang terkena dampak bencana alam. Program Mobil Klinik juga telah menyalurkan bantuan kepada 15.904 orang selama masa Tanggap Darurat Bencana pada tahun 2021 dan membantu 6.119 orang melalui kegiatan Mobil Vaksinasi di Jakarta dan Solo sebagai bagian dari dukungan Indosat Ooredoo Hutchison kepada pemerintah pusat dan daerah dalam penanganan pandemi COVID-19.

Selain memberikan layanan kesehatan gratis dan kebutuhan dasar darurat seperti makanan siap saji dan paket sembako, Indosat Ooredoo Hutchison juga mendukung pelanggannya di daerah terdampak dengan memberikan manfaat komunikasi gratis. Pada tahun 2021, Indosat Ooredoo Hutchison memberikan dompet pulsa darurat kepada lebih dari 1 juta pelanggannya di daerah bencana.

“Program Mobil Klinik merupakan wujud nyata dari semangat Indosat Ooredoo Hutchison Bersatu untuk Indonesia dalam membantu masyarakat dan mendukung Pemerintah Indonesia agar kembali bangkit bersama melewati masa yang penuh tantangan ini. Kami berharap kondisi ini akan semakin membaik dan masyarakat dapat segera kembali beraktivitas dengan normal,” tutup Steve.


1 https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220116205353-20-747331/bpbd-2449-rumah-dan-44-sekolah-rusak-akibat-gempa-pandeglang-banten
2 https://www.kemenkopmk.go.id/menko-pmk-tinjau-dampak-gempa-bumi-pandeglang

Punya pertanyaan terkait perusahaan kami?
Ajukan via email

corporate.communications@ioh.co.id

Hanya untuk pertanyaan media